Pendis - "Merencanakan sesuatu kegiatan harus
sesuai dengan data, tanpa data segala kegitan dan pekerjaan yang akan
dilaksanakan akan mengalami kesulitan," ungkap Drs. Burhanuddin, MA
Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kanwil Sumut,
dalam arahannya ketika membuka acara Kegiatan Penguatan Tenaga
Pengelola Data Pendidikan Tingkat Kanwil/Kankemenag/PTAIN/Kopertais
Tahun 2013 angkatan I.
Selanjutnya Burhanuddin juga mengatakan bahwa data
yang tidak valid susah untuk dijadikan acuan untuk mengambil keputusan,
terutama keputusan untuk menentukan kebijakan.
Menurut Kabid PAKIS data
yang akan digunakan harus akurat dan tepat waktu, akurat berarti sesuai
dengan yang ada di lapangan sedangkan tepat waktu adalah data yang
digunakan harus sesuai waktu diterbitkannya data atau paling tidak jarak
waktunya tidak jauh.
Di sisi lain ada korelasi yang sangat penting antara data khususnya data
pendidikan dan penganggaran, dengan gambaran bahwa penganggaran di
bidang pendidikan akan sangat tergantung dari keberadaan data yang
valid, akurat dan tepat waktu.
Sampai saat ini berbagai pencapaian dalam bidang pendidikan yang telah dilakukan Kementerian Agama tidak lepas dari peran EMIS sebagai penyuplai data dan informasi pendidikan Islam.
Sementara itu Kepala Bagian Perencanaan dan Sistem Informasi Setditjen Pendidikan Islam Kastolan, S.Pd, M.Si, dalam arahannya meminta kepada para peserta untuk lebih serius dan tekun dalam melakukan pendataan di daerah.
Dalam laporan kegiatan yang dibacakan Aziz Shaleh
bahwa kegiatan Penguatan Pengelola Data Pendidikan ini terbagi dalam 12
lokasi, yakni Medan, Palembang, Batam, Makassar, Bogor 1, Magelang,
Malang, Denpasar, Manado, Balikpapan, Serang dan Bogor 2.
Kegiatan yang berlangsung di Medan tanggal 20-23
Agustus 2013 ini diikuti oleh peserta dari Kankemenag Kab/Kota
seProvinsi Sumatera Utara dan Kankemenag Kab/Kota sePropinsi Aceh
sebanyak 138 peserta.
(ra)Sumber : http://pendis.kemenag.go.id/index.php?a=detilberita&id=6966#.UimmInpQnVo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar